Tuesday, February 7, 2012

AKAR KATA


AKAR KATA
        Banyak Kata yang terbentuk dengan menggunakan akar kata.  Kita bisa memperkirakan apa defenisi dari kata-kata yang kita temui dengan memperhatikan akar katanya dan menebak apa artinya.  Mempelajari akar kata adalah salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata kita.  Anda akan terheran-heran berapa banyak akar kata yang sebenarnya anda telah tahu.

•    Kebanyakan dari akar kata tidak berediri sendiri.  Mereka memiliki awalan(Prefix) dan akhiran kata (Suffixes) yang selalu menempel.
Contoh    : Akar kata Dict, “yang berarti untuk mengucap atau berbicara” tidak pernah  digunakan sendiri.  Awalan kata seperti Pre- dan Contra- (predict, contradict) atau akhiran seperti –ation atau –ator (dictation, dictator) selalu di tambahkan.

•    Pada awalnya Anda mungkin tidak akan melihat bagaimana sebuah kata tertentu terbentuk dari sebuah akar kata.  Perhatikanlah secara saksama , maka anda akan melihat hubungan yang dibentuk.
Contoh        : Perhatikan kata Revolve. Berasal dari akar kata volv yang berarti “untuk memutar atau untuk berputar”.  Anda dapat melihat hubungan antara kata revolve dan ide atas memutar atau berputar atau menggulung.

•    Begitu anda telah mengenali akar kata, maka anda akan dapat melihat berbagai hubungan antara kata yang satu dengan yang lainnya.  Hal ini kan membuat anda lebih mudah untuk mengerti kata-kata baru serta mengingat apa arti dari kata tersebut.

•    Pelajarilah akar kata dari berbagai sumber bacaan yang anda temui, utamanya bahan bacaan akademik.  Cobalah untuk mempelajari kata-kata baru setiap hari.  Pelajari ulang dan ulas akar yang anda telah palajari.  Cobalah untuk menggunakannya dalam percakapan dan aktifitas menulis anda.

•    Setiap kali anda mencari kata di dalam kamus, selalu cari akar katanya.  Kebanyakan kata dalam bahasa Inggris memiliki akar dari bahasa Latin atau Yunani.  Buatlah selalu daftar dari akar kata yang Anda pelajari.


Adapted from: Practice Vocabulary, by Milada Broukal, Pg. 21-23

Tolong kilk di sini untuk “English Version

No comments:

Post a Comment

Post a Comment